Presentasi Menarik Menggunakan Animasi Bergerak Power Point

animasi bergerak power point

animasi bergerak power point

Dalam menggunakan Microsoft PowerPoint, fitur animasi adalah salah satu yang sering digunakan. Animasi bertujuan untuk membuat presentasi terlihat lebih professional dan menarik. Banyaknya model animasi yang digunakan, terkadang membuat presentasi menjadi kurang menarik. Animasi Bergerak Power Point seperti memunculkan objek dan menghilangkan objek menjadi model yang sering digunakan oleh banyak orang dalam presentasinya.

Walaupun lebih banyak orang yang menggunakan animasi bergerak tersebut, masih ada sebagian orang yang belum mengerti bagaimana cara membuat tulisan / gambar supaya dapat bergerak saat ditampilkan.

Jenis-Jenis Animasi Bergerak Power Point

Sebelum diberikan panduan bagaimana cara menampilkan animasi bergerak power point, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis animasi dalam Microsoft PowerPoint, yaitu:

  • Entrance Effect
  • Emphasis Effect
  • Exit Effect
  • Motion Effect

Empat poin di atas adalah jenis animasi yang terdapat dalam Microsoft PowerPoint. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah panduan untuk membuat animasi pada Microsoft PowerPoint:

  1. Hal pertama adalah buat terlebih dahulu objek yang akan di animasi. Objek disini bisa berupa teks, shape atau gambar. Dalam satu animasi bisa digunakan lebih dari satu objek. Tergantung dari berapa banyak objek yang akan dipilih.
  2. Setelah memilih objek tersebut, pilih animasi yang akan digunakan. Baik entrance, emphasis, exit ataupun motion. Macam yang ditampilkan memang hanya sedikit, bila kamu memilih yang lain tinggal klik more entrance atau animasi lainnya. Dalam memilih efek, pastikan sesuai dengan alur presentasimu, jangan menggunakan animasi bergerak motion kalau mau memunculkan objek.
  3. Bila menggunakan lebih dari dua efek, kamu bisa mengatur urutan munculnya objek di Animation pane.
  4. Bila menggunakan motion effect, kamu bisa mengatur durasi di Animation Pane lalu pilih Timing. Disitu kamu bisa memasukan waktu atau durasi yang diinginkan. Jangan terlalu cepat atau terlalu lama dalam memilih waktu supaya tidak mengganggu penglihatan penonton.
  5. Lihat hasil akhirnya, apabila ada efek yang tidak diperlukan kamu bisa menghapusnya dengan klik Animation pane lalu delete.
  6. Beberapa ide bisa kamu lihat disini

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pelajari bila ingin menggunakan animasi bergerak power point. Hal yang perlu dipahami dalam penggunaan animasi, sebaiknya animasi tidak terlalu banyak digunakan supaya audience yang melihat tidak merasa pusing dengan isi presentasi Anda.