Buat Presentasi Menarik Dalam Bentuk Video

Presentasi menarik sekarang ini menjadi suatu keharusan dalam pembuatannya. Tidak hanya berisi tentang tulisan namun harus terselip media lainnya seperti backsound ataupun video. Apalagi untuk orang yang bekerja pada dunia media.

Bahkan ada beberapa orang yang membuat sebuah presentasi menggunakan software edit video agar terlihat menarik. Memang dalam membuat sebuah presentasi, perangkat lunak Microsoft PowerPoint menjadi andalan. Tetapi apakah bisa membuat presentasi terlihat lebih menarik? Sangat bisa, semua tergantung bagaimana anda menggunakan fitur yang ada.

Langkah – Langkah Mengubah Presentasi Menjadi Video

Menjadikan presentasi sebagai sebuah video pun, Microsoft PowerPoint dapat melakukannya. Berikut adalah langkah – langkah menyimpan presentasi anda dalam bentuk video:

1. Buat presentasi dengan beberapa slide sesuai dengan kreatifitas anda.

2. Setelah selesai, terlebih dahulu simpan dokumen anda dalam format presentasi PowerPoint (.pptx)

3. Setelah file anda tersimpan, pilih File > Export > Create a Video

4. Atur resolusi, narasi dan timing video anda sesuai dengan kebutuhan anda. PowerPoint menawarkan beberapa pilihan resolusi yang diinginkan.

5. Setelah selesai mengatur video anda, klik Create Video

6. Pilih folder mana yang diinginkan dan beri nama video anda, kemudian klik save. Dalam jendela penyimpanan, ada dua pilihan tipe video yang bisa dipilih, yaitu Windows Media Video atau Video MPEG-4.

7. Tunggu hingga pengkonversian selesai lalu video siap untuk digunakan. Lama konversi tergantung berapa banyak slide yang dikonversi, resolusi dan timing yang dipilih.

Diatas adalah cara mengkonversi presentasi menjadi sebuah video. Memang butuh waktu lebih dalam membuat video dari sebuah presentasi apalagi didalamnya dilengkapi dengan animasi, transisi dan isi konten. Tipsnya adalah persiapkan dari sebelumnya untuk terjadinya kesalahan. Namun, tenang saja walaupun pengkonversian sedang berjalan, PowerPoint masih bisa digunakan di waktu yang bersamaan.