Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP

Jenis fitur pada excel

Bagian dari Microsoft Excel

Untuk Anda yang selalu menggunakan Microsoft Excel dalam pembuatan tabulasi dan / atau mengumpulkan data dari hasil kampanye Anda, penggunaan rumus VLookUp tentunya akan menjadi keterampilan yang dibutuhkan. Mengapa? Karena penggunaan rumus VLookUp ini akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda.

Rumus VLookUp terkait erat dengan Microsoft Excel yang dikenal sebagai program aplikasi lembar kerja yang memiliki fitur kalkulasi dan juga pembuatan grafik. Bahkan Microsoft Excel merupakan program yang paling banyak digunakan (popular) di dunia.

Apa Itu VLOOKUP?

VLookUp memiliki fungsi untuk mencari nilai di suatu kumpulan data yang kemudian setelah nilainya ditemukan makan akan memanggil nilai yang ada di kolom lainnya dari kolom tersebut yang berdasar pada urutan kolom. Contohnya sebagai berikut:

Ada akuntan yang ingin mengetahui harga dari stock barang yang tersedia, yakni mouse. Akuntan tersebut tentunya mencari stock dari mouse yang ada di tabel atau database stock barang ini. Setelah ditemukan maka akan terlihat kolom harga sebagaimana terlampir di atas.

Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Yang terpenting untuk memahami fungsi dari VLookUp adalah mengetahui syntax VLookUp terlebih dahulu, berikut adalah rumusnya:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Berikut ini penjelasan rumus tersebut:
1. lookup_value adalah suatu nilai yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Contoh sebelumnya yang mendeskripsikan lookup_value adalah mouse.

  1. table_array merupakan range or tabel yang Digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Dari contoh sebelumnya, table_array diwakilkan oleh data stock barang.
  2. col_index_num adalah nomor urut kolom yang akan di ambil nilainya berdasarkan nomor kolom di tabel. Bisa diisi dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1 maka hasilnya adalah ERROR#VALUE!. Dan apabila Anda mengisinya dengan nilai yang jumlahnya lebih dari nilai yang ada maka hasilnya adalah ERROR#REFF!.
  3. range_lookup merupakan nilai benar atau salah. Apabila nilai benar akan digunakan maka Anda akan mendapati hasil yang mendekati, sedangkan nilai salah akan digunakan apabila Anda menginginkan nilai yang pasti.

Cara Menggunakan VLOOKUP

Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti terkait penggunaan VLookUp di Microsoft Excel:

  1. Gunakan reference absolute di table_array dengan menekan F4 di argument range
  2. Apabila Anda tidak mau menggunakan reference absolute, maka Anda bisa menggunakan define name yang berfungsi untuk memberi nama range dengan menggunakan fitur table. Seperti contoh berikut, namai tabel data stock dengan “table_stock”, lalu Anda bisa blok table untuk kemudian pilih menu tab formula dan pilih define name, kemudian beri nama “table_stock” lalu save.

Dengan menggunakan define name tersebut maka akan didapatkan rumus yang lebih sederhana.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa membantu Anda!