Kegunaan Freeze Panes Dalam Mengelola Tabel Excel

Microsoft Excel sangat membantu mengelompokan data dalam jumlah besar. Seringkali ketika data yang sudah dimasukan terlalu banyak, sulit untuk melihat bagian column sebelumnya. Cara manualnya adalah melakukan scroll balik ke column yang dimaksud.

Ternyata di Microsoft Excel terdapat fitur yang bisa memecahkan masalah tersebut. Fitur tersebut bisa membekukan bagian worksheet. Mengunci beberapa kolom atau baris itu bertujuan agar ketika melakukan scroll entah horizontal atau vertical dapat terlihat bagiannya. Fitur tersebut adalah Freeze Panes.

Jenis dan Cara Fitur Freeze

Walaupun nama fitur Freeze Panes, ternyata memiliki 3 tipe yang berbeda fungsi meski sama penggunaannya, yaitu:

  1. Freeze Top Row

Fitur ini untuk mengunci top row (baris atas) agar bisa dilihat ketika scrolling.

Cara penggunaannya sangat mudah:

Klik baris paling atas > Lalu pilih View > Freeze Panes > Freeze Top Row

 

  1. Freeze First Column

Untuk membekukan kolom pertama atau menahan kolom agar ketika scrolling masih tetap terlihat.

Untuk menggunakan fitur ini:

Pilih kolom yang akan di freeze > Pilih View > Freeze Panes > Freeze First Columns.

 

  1. Freeze Panes

Ini merupakan gabungan antara row dan columns ditahan agar dapat dilihat saat scrolling. Pemilihan baris dan kolom ini bisa disembarang cell yang ingin dibekukan.

Cara mudah:

Pilih cell > Klik Freeze Panes > Freeze Panes.

 

Tanda apabila freeze sudah bekerja dengan benar maka akan muncul garis samar diantara kolom. Missal membekukan kolom A maka antara kolom A dan B akan terlihat garis samar – samar.

Setelah semua selesai, Anda juga bisa menonaktifkan Freeze Panes ini. Cara mematikan fitur ini sama ketika mengaktifkannya, pilih View > Freeze Panes > Unfreeze Panes.

Fitur ini tidak bisa digunakan apabila Anda sedang Edit cell atau ketika fitur ini diaktifkan maka tidak bisa melakukan edit di kolom tersebut. Untuk menikmati fitur tersebut, pastikan Microsoft anda terhubung dengan Office 365 agar bisa bebas menikmatinya.