Mengenal Power Query

Dalam mengatur data yang jumlah tidak sedikit memang sangat memakan waktu lama. Belum lagi ketidakcocokan data satu dengan lainnya. Walaupun sudah menggunakan aplikasi untuk mengolah data, itu tidak akan cukup. Maka dari itu, Power Query sangat dibutuhkan untuk data.

 

Pengertian Power Query

Power Query adalah salah satu fitur yang tersedia di Microsoft Excel. Sebenarnya apa itu Power Query? Merupakan sebuah teknologi koneksi data yang memungkinkan untuk menemukan, menyambungkan, menggabungkan, dan memperbaiki sumber data untuk memenuhi kebutuhan analisis di Microsoft Excel

 

Cara kerja Power Query

Dalam mengolah data, Microsoft Excel mempunyai fitur VlookUp, pada Power Query, fitur ini bisa digunakan dalam mencari sumber data, membuat koneksi, lalu terbentuk sebuah data. Data itulah yang menjadi sebuah laporan dengan bantuan Query. Fungsi ini bisa menghapus kolom, mengubah tipe data, dan menggabungkan beberapa tabel dalam sekaligus.

Power Query pun bisa mengubah langkah – langkah seperti membatalkan, mengulangi, mengubah, ataupun lainnya pada data sehingga menjadi satu kesatuan agar mendapatkan data yang lengkap.

Selain Power Query, fitur analisis data yang tersedia pada Microsoft Excel adalah Power Pivot dan Power View.

Power Pivot adalah fitur untuk membuat perhitungan dan menetapkan hubungan data. Sedangkan Power View adalah fitur untuk membuat visual interaktif (grafik, bagan, peta, dll) agar data menjadi berwarna.

Sebelum menggunakan Power Query, harus memahami empat elemen penting untuk pengoperasiannya. Yaitu Sambungkan, Transformasi, Gabungkan, dan Bagikan.

Sambungkan

Dalam menggunakan Power Query, dari sebuah data bisa menyambungkan ke beberapa database lainnya untuk menjadi satu. Sumber tersebut bisa berasal dari web, database, azure, cloud atau sumber lainnya. Pilihan tersebut berada pada laman “Get External Data

Transformasi

Pada bagian ini, Power Query berfungsi. Transformasi data berarti merubah data dengan banyak cara misalnya menghapus kolom, mengubah tipe data, ataupun lainnya.

Gabungkan

Setelah merubah data secara sesuai, maka menggabungkan beberapa sumber data agar membuat model data sehingga mendapatkan tampilan yang lengkap.

Bagikan

Setelah query usai, langsung bisa menyimpannya atau membaginya kepada setiap orang. Sama halnya dengan menggabungkan, menyimpan data query bisa di cloud, azure atau tempat penyimpanan lainnya.

Secara tidak langsung, menggunakan Power Query menjadikan orang kreatif dengan data yang banyak serta transformasi yang dibuat. Fitur Microsoft Excel ini pun bisa mempertajam ingatan tentang pekerjaan karena bisa membagikannya dengan orang lain atau diri sendiri.

 

Untuk bisa menikmati fitur dari Microsoft Excel ini, pastikan bahwa anda telah berlangganan Office 365 agar memaksimalkan hasil query.

Ingin tahu lebih tentang Office 365, hubungi kami di +62 (21) 29 345 800 atau kirim email ke ContactUs@metrodata.co.id